Sabtu, 17 Juli 2010

Vaksin Meningitis Akan Diberikan Dua Pekan Sebelum Pemberangkatan Kloter 1

Jakarta (Pinmas)--Kementerian Kesehatan siap melayani kesehatan jamaah haji mulai dari tanah air, sepanjang pelaksanaan haji, bahkan sampai mereka kembali lagi ke tanah air. Ada 10 petugas kesehatan yang berjaga di Arab Saudi hingga 10 hari setelah kepulangan jamaah, bilamana terdapat jemaah haji Indonesia yang harus dirawat di rumah sakit setempat. Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan hal ini dalam keterangan pers, usai rapat terbatas kabinet, di Kantor Presiden, Selasa (13/7) sore.

Menkes menjelaskan, proses perekutan tenaga kesehatan untuk ibadah haji tahun ini sudah dilakukan sejak April lalu. Pendaftaran dilakukan secara oline dan terdapat 35 ribu lebih yang mendaftar. Dari jumlah itu, 22 ribu pelamar dinyatakan berkasnya lengkap dan yang terseleksi hanya skitar 11 ribu.

"Sekarang mereka sedang masa pelatihan. Petugas kesehatan ada yang terbang mengikuti kloter, didampingi oleh 1 dokter dan 2 perawat. Ada juga petugas kesehatan yang berada di Makkah dan Madinah," ujar Endang Rahayu. Di Makkah terdapat Badan Pengobatan Haji Indonesia yang setaraf dengan rumah sakit tipe C dengan 180 tempat tidur. Sedangkan di Madinah dengan kapasitas lebih kecil, yaitu 55 tempat tidur.

Sampai saat ini pihak Arab Saudi masih mewajibkan vaksinasi Meningitis Meniongkok tanpa terkecuali. "Berdasarkan fatwa MUI yang mengatakan sepanjang belum ada yang dikatakan sebagai halal maka dapat dipakai vaksin yang ada," kata Menkes.

Vaksin ini harus diberikan kepada pasien 2 pekan sebelum pemberangkatan Kloter 1. "Setelah Lebaran, langsung vaksin ini akan diberikan di Puskesmas dan rumah sakit. Dalam waktu dua pekan, seluruh calon jamaah harus sudah selesai divaksinasi," Endang Rahayu menjelaskan. "Kami sudah siap dan sudah mendistribusikan ke daerah."(sby.info/ts)

Tidak ada komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review